top of page
Search
  • bayikembar11

Sejarah Olahraga Sepede



Bersepeda, pemakaian sepeda buat olahraga, piknik, atau transportasi. Olahraga bersepeda terdiri dalam balapan profesional serta amatir, yg biasanya diselenggarakan di benua Eropa, Amerika Serikat, serta Asia. Pemakaian piknik sepeda menyebar luas di Eropa serta Amerika Serikat. Pemakaian sepeda jadi moda transportasi sangat utama di beberapa negara non-Barat serta di beberapa negara yg lebih datar, beberapa salah satunya, seperti Belanda, mempunyai skema jalan sepeda yg luas.


Peristiwa Awal Olahraga


Bersepeda jadi olahraga sah diawali pada 31 Mei 1868, dengan lomba 1.200 mtr. (1.312 yard) di antara air mancur serta pintu masuk Taman Saint-Cloud (dekat Paris). Pemenangnya yaitu James Moore, satu orang ekspatriat Inggris berumur 18 tahun dari Paris. Pada 7 November 1869, balapan city-to-city pertama diselenggarakan di antara Paris serta Rouen; Balik lagi Moore yaitu pemenangnya, selesai meniti jarak 135 km (84 mil) dalam 10 jam 25 menit, terhitung waktu yg dihabiskan dengan mengayuh sepedanya ke atas bukit yg lebih terjal. Sesaat balap jalanan berubah menjadi umum dalam beberapa waktu di benua Eropa, di Inggris keadaan jalan yg tambah buruk bikin mereka tak pas, serta oleh karena itu olahraga disana fokus pada trek atau uji waktu.



Di Amerika Serikat, balapan pertama yg direkam diselenggarakan pada 24 Mei 1878 di Boston, dua tahun selesai dimulainya baseball profesional serta 13 tahun sebelum bola basket diketemukan. Beberapa balap Amerika awal ada di track, dalam balapan panjang terkadang mempekerjakan pemuka yg naik di muka banyak nomine dengan kecepatan cepat kemudian turun. Pada 1890-an ada kurang lebih 100 tanah, semen, atau jalan kayu di semuanya negeri, terlebih di kota-kota besar. Lebih dari 600 profesional melancong di circuit nasional ini, yg sekitar dari Boston sampai San Francisco, dengan pertandingan di kota-kota seperti St. Louis, Salt Lake City, Denver, serta Los Angeles. Olahraga terima dorongan publisitas besar pada 30 Juni 1899, saat satu diantaranya pebalap ini, Charles M. Murphy, memakai track kayu di belakang kereta Long Island Rail Road serta meniti jarak satu mil dalam 57,8 detik, memperoleh julukan Mile- a-Minute Murphy.


Balap Olahraga Kekinian


Kemajuan balap jadi olahraga disukai banyak orang di Eropa diawali pada tahun 1890-an dengan penambahan keadaan jalan serta pengenalan beberapa saat classic yg berbuntut sampai ini hari (umpamanya, ras Paris-Roubaix). Selesai Perancis serta Belgia, balapan dikenalkan di Italia, Spanyol, serta Belanda. Pada tahun 1903 Tur de France saat 21 hari diresmikan serta terus berbuntut tiap tahun mulai sejak terkecuali saat Perang Dunia I serta II. Rangking pas di belakang perlombaan khusus ini yaitu tour besar tiga minggu di Italia (Giro d'Italia) serta Spanyol (Vuelta a España). Umumnya, Giro diselenggarakan pada bulan Mei serta Juni, Tur de France pada bulan Juli, Vuelta pada bulan September, serta Kejuaraan Dunia pada bulan Oktober. Hadiah dalam balapan ini besar sekali, sebesar $ 2,5 juta cuma di Tur de France.



Balap Jalanan


Balap jalanan Eropa ada dibawah sponsor dari produsen sepeda sampai akhir 1920-an, saat timnas serta regional dikenalkan. Sponsor perdagangan kembali selesai Perang Dunia II akan tetapi dengan memudarnya produsen sepeda, team mulai berubah ke pelbagai sponsor, terhitung produsen mobil, perusahaan asuransi, serta bank. Musim balap jalanan profesional saat ini diawali pada Januari dengan balapan di Australia serta Malaysia, berbuntut dari Februari sampai Oktober di Eropa serta Amerika Serikat, serta ditutup, lagi di Asia, pada bulan November serta Desember. Buat sejumlah besar pebalap, musim ini termasuk kurang lebih 120 hari pertandingan yg menyebar saat delapan bulan.

6 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page