top of page
Search
  • bayikembar11

Awal Hadirnya Olahraga Voli




Bola voli permainan yg dimainkan oleh dua club, rata-rata terdiri dari enam pemain di satu sisi, dimana beberapa pemain pakai tangan mereka bikin memukul bola bolak-balik di atas jaring yg tinggi, coba buat bola sentuh pengadilan dalam ruangan main lawan sebelum itu bisa dikembalikan.


Buat menghalangi ini, seseorang pemain di club lawan memukul bola ke atas dan ke arah rekan segrup sebelum sentuh permukaan lapangan sampai rekan segrupnya dapat melakukan tendangan voli balik kembali jaring atau memukulnya ke rekan segrup ke-tiga yg melakukan tendangan voli lewat jaring. Satu club cuman diizinkan tiga sentuhan bola sebelum musti dikembalikan lewat net.


Kisah


Bola voli diciptakan pada tahun 1895 oleh William G. Morgan, direktur fisik Asosiasi Orang-Orang Muda Remaja (YMCA) di Holyoke, Massachusetts. Itu dirancang jadi olahraga dalam ruangan buat bisnisman yg mendapat permainan basket baru demikian kuat. Morgan menyebutkan mintonette olahraga, sampai seseorang profesor dari Springfield College di Massachusetts mencatat pembawaan permainan voli dan memberi anjuran nama bola voli. Peraturan aslinya dicatat oleh Morgan dan dibikin dalam edisi pertama Buku Pegangan Resmi Liga Atletik Asosiasi Kristen Remaja Putra di Amerika Utara (1897). Permainan segera bisa dibuktikan mempunyai daya tarik yg luas buat ke dua jenis kelamin di sekolah, taman main, angkatan bersenjata, dan organisasi lain di Amerika Serikat, setelah itu diperkenalkan ke negara lain.


Pada tahun 1916 peraturan dikeluarkan beserta oleh YMCA dan National Collegiate Athletic Association (NCAA). Laga nasional pertama di Amerika Serikat dilakukan oleh Komite Pendidikan Jasmani YMCA Nasional di Kota New York pada tahun 1922. Asosiasi Bola Voli Amerika Serikat (USVBA) dibikin pada tahun 1928 dan diakui jadi badan pembuat peraturan yg mengendalikan di Amerika Serikat.




Awal Mula Kompetisi


Dari tahun 1928 yg waktu ini didapati jadi USA Volleyball udah membuat kejuaraan voli putra dan senior pria tahunan (usia 35 dan lebih tua), kecuali selama 1944 dan 1945. Divisi wanita di mulai pada tahun 1949, dan divisi wanita senior (usia 30 dan lebih tua) ditambah pada tahun 1977. Acara nasional lainnya di Amerika Serikat dilakukan oleh grup anggota USAV seperti YMCA dan NCAA.


Bola voli diperkenalkan ke Eropa oleh pasukan Amerika selama Perang Dunia I, pada waktu organisasi nasional dibikin. Fédération Internationale de Volley Ball (FIVB) diorganisasikan di Paris pada tahun 1947 dan ubah ke Lausanne, Swiss, pada tahun 1984. USVBA satu diantaranya dari 13 anggota piagam FIVB, yg keanggotaannya makin tambah semakin lebih dari 210 negara anggota dalam akhir saat ke-20.


Kompetisi bola voli internasional di mulai pada tahun 1913 dengan Far East Games pertama di Manila. Selama awal 1900-an dan berekor sampai selesai Perang Dunia II, bola voli di Asia dimainkan di lapangan yg bertambah besar, dengan jaring yg lebih rendah, dan sembilan pemain pada suatu club.


Kejuaraan Voli



Kejuaraan bola voli dunia yg disponsori FIVB (cuman buat pria di tahun 1949; buat pria dan wanita di tahun 1952 dan sekian tahun sesudah itu) menghasilkan penerimaan peraturan main standar dan memimpin. Bola voli jadi olahraga Olimpiade buat pria dan wanita di Olimpiade 1964 di Tokyo.


Kejuaraan Eropa lama didominasi oleh club Cekoslowakia, Hongaria, Polandia, Bulgaria, Rumania, dan Soviet (lalu, Rusia). Di tingkat dunia dan Olimpiade, club Soviet udah memperoleh kemenangan makin banyak gelar, baik pria atau wanita, dibandingkan gelar negara lain. Keberhasilan mereka dihubungkan dengan interes akar rumput yg menebar luas dan permainan serta petunjuk yg diatur dengan cara baik di semua tingkat keahlian. Club wanita Jepang yg benar-benar dikabarkan, juara Olimpiade pada tahun 1964, menggambarkan interes industri swasta dalam olahraga. Wanita muda yg kerja buat perusahaan sponsor mencurahkan waktu senggang mereka bikin pengkondisian, latihan club, dan kompetisi di bawah petunjuk ahli dan yg menuntut. Didorong oleh Asosiasi Bola Voli Jepang, club wanita ini buat isyarat di kompetisi internasional, memperoleh kemenangan Kejuaraan Dunia pada tahun 1962, 1966, dan 1967, tidak sekedar Olimpiade 1964. Akan tetapi, dalam akhir saat ke-20, club wanita Kuba kuasai Kejuaraan Dunia dan Olimpiade

8 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page